29.8.12

Saya dan Oven



Bismillah... Sy tulis ini berbekal pengalaman saya yg sempat bingung menentukan oven merk apa yg mau sy beli? waktu itu sy masih tinggal di indo, ketika kuliah saya tamat ketika itu pula sy punya baby, sy merasa punya banyak waktu di rumah sy jd rajin browsing resep buat baby. ternyata banyak kendala yg saya temui ketika mau meeksekusi itu resep2, salah satunya saya butuh oven. dari pihak keluarga pada ga hobby baking, kalo masak partai besar sangat sering tapi menu2nya non oven semua. ada keluarga yg punya usaha catering tapi tinggalnya agak jauh jadi sy putuskan untuk beli oven saja. kebetulan waktu itu suami saya pulang liburan musim panas ke indo jadi memudahkan langkah sy bergerak dari toko ke toko nyari oven yg sreg di hati, tapi aduhai betapa sedikitnya pilihan oven yg ada di semarang-kudus. cuma ada 2 yg lumayan menyita perhatian saya (saya termasuk org yg menilai casing design terlebih dahulu setiap beli sesuatu) keduanya merk SHARP, yg satu microwave oven with grill dan satunya lagi microwave oven saja. karena merasa pemula sy pilih "microwave oven", aduhai senangnya bawa pulang oven dengan membayangkan akan banyak resep2 yg segera bisa sy eksekusi , mengingat sy memang sudah lama sekali pingin bisa baking tp krn kuliah di kedokteran full day, maka urung sudah niat sy waktu itu.... Esok harinya sy langsung pengen nyobain itu oven, ga tanggung2 3 resep sekaligus sy cobain, quicche lorain , brownies n tiwul singapore. tp eeeeee sy temui banyak kejanggalan di manual booknya, ga ada keterangan ttg baking, kemudian suami telpon ke pihak sharp dan benar sy harus menelan pil pahit , microwave oven itu bukan untuk baking. tapi waktu itu sy ttp lanjutkan dengan hasil yg aneh... quiche loraine kurang mateng , brownis bantet sedang tiwul singaporenya gosong sampai loyangnya bolong. ini gambarnya (agustus 2011):








setelah itu sy jadi ga ssemangat baking lagi, alias microwavenya nganggur.... ^ ^



bulan april 2012 saya dan baby di boyong suami ke saudi tepatnya di kota madinah. agar sy tidak boring suami membelikan sy microwave oven with grill, 



waktu itu saya haqqul yakin bakalan bs baking sm ni oven, tp ternyata ga selalu sukses, hanya beberapa kali saja suksesnya, ini bebrapa hasil2nya : 







tapi pernah suatu saat saya bikin bolu ban, atas tampak bagus, ternyata bagian bawah hangus, lagi2 saya kecewa, mungkin jg karena tombolnya ga bs disesuaikan dengan resep sekian derajat dalam waktu sekian menit jadi waktu n besarnya api cm perkiraan, di microwave sy ini tombolya cm ini






akhirnya suami membelikan oven lagi yaitu oven konventional yg dipastikan bs buat baking. 
tapi oven ini tetap berguna, buat defrost, buat ngangetin makanan, buat grill, dan yg paling penting buat ngoven kerupuk, jadi lebih cepat dan bebas minyak.

Kerupuk mentah


Kerupuk setelah di oven selama 2menit




cuma butuh 8 menit buat menuhin toples

naahhhh ini dia oven yang buat baking, tombolnya jelas ada temperature, power dan timer sehingga mudah mengikuti resep2 yang beredar... Alhamdulillah...




No comments:

Post a Comment