10.11.12

Lentog Tanjung

Kudus ga hanya terkenal dengan sotonya, tapi juga terkenal dengan lentognya... yaaa lentog tanjung yang mempesona, hadir pagi2 buta, disetiap tikungan ada... hehehee... dikudus ada tempat khusus untuk para penjual lentog, berjejer2 kedai dengan jualan yang sama yaitu "lentog"

Lentog ini bs jadi alternatif jika males bikin sarapan, biasanya para pedagang lentog diserbu para olahragawan yang kecapekan habis lari2 atau jalan2... di Jepara lumayan gampang kalo mau cari pedagang lentog, dari yang palsu sampai yang asli ada di jepara yang notabene berbatasan langsung dengan kota Kudus.

Mau tau asal muasal Lentog? sila baca disini


Resep by sedap-sekejap.com:
Bahan:
 lontong, potong-potong
Bahan sayur nangka :
300 gram nangka muda cincang halus
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 liter santan
Bumbu dihaluskan:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah kemiri
2 sendok teh garam
Opor tahu:
10 buah tahu yang telah digoreng
1 batang serai, dimemarkan
2 cm lengkuas
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
750 ml santan
Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica
1/8 sendok teh jintan
1/4 sendok teh merica
2 cm jahe
2 sendok makan minyak goreng
2 sendok teh garam
Cara membuat :
1. Rebus nangka, bumbu halus, salam, lengkuas sampai nangka hancur.
2. Boleh ditambahkan santan jika kurang. Sisihkan.
3. Buat opor tahu: tumis bumbu halus, serai, salam, lengkuas, dan daun jeruk sampai harum.
4. Masukkan tahu dan santan. Masak sampai mendidih.
5. Sajikan dengan lontong dan sayur nangka.


Pelengkap ;
Sate telur puyuh
Kerupuk Gendar



                     SEMOGA BERMANFAAT

13 comments:

  1. yah ..pake nangka..di sini nggak nemu :(

    ReplyDelete
  2. pengeen bangeet...cari nangkanya dimana ya..hiks....btw fotonya bagus Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Waaa yg di luar indo kasusnya sm smua ya umm, ga nemu nangka, hehehee... Makasiih umm,tp belom ada apa2nya d banding jepretan ummu fatima...hehehee

    ReplyDelete
  4. buat ummi kalau mau nangka ,ke dumai aja umm....
    di rumah buanyaaaakkkkkk nangka....xixixii

    fotonya keren bu dokter...like this yo... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa ummi dpt supply nangka bnyk tuh... Hihihi... Makasiihh mba mimie, berharap bs sekeren fotonya jasmin kitchen... ^^

      Delete
  5. assalamualaikum..mbak apa kbr? hehehe jarang mampir ke grup di fb...gpp yah mampir langsung k blognya aja..
    duh itu di sono ada yg jualan krupuk gendar? apa bikin sndr? hihi rajin benerrr...

    lentognya bolee bgt buat dimkn di udara dingin...

    ReplyDelete
  6. Wa'alaikumsalam mba ayu... Alhamdulillaah kabar baik, seneng skali dikunjungi mba ayu, ini lg liburan di indo mba.. Kerupuknya beli.. Hihihii.. Iya mba cocok di makan d pagi yg dingin..
    Mbak ayu sdh prnh nyobain lentog?

    ReplyDelete
  7. belum pernah hihi..denger aja baru sekarang :D
    ooww lagi liburan...kirain disana ada yang jual hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. disana ada yg jual kerupuk gendar mba di asian store, tapi belum pernah beli soalnya banyak kerabat dan keluarga yg umroh atau haji pada bawain makanan, jadi kerupuk di rumah madinah banyak banget udah kaya toko aja... kalo jalan2 ke jateng cobain lentog mab, sedaappppp buat sarapan....

      Delete
  8. pengin bikin hari ini...thanks resepnya yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mba lidia.... semoga suka... :)

      Delete
  9. waaaaahhhhhhh,,,,,,menggiurkan

    ReplyDelete