30.5.13

Bika Ambon


Assalamu'alaikum ^^

Pas nulis entri ini sambil ngeces, karena bikanya udah habis 2 hari yang lalu... Kelapanya mahal dan sependek pengetahuan saya cuma ada di 2 supermarket "carre*our n sa**wat " , ga tahan lihat sarang semutnya.... >.<



 Resep by ibu Fatmah Bahalwan

BIKA AMBON

Bahan A:
100 gr Tepung terigu protein sedang
200 ml Air kelapa segar
11 gr Ragi instant
Bahan B:
16 btr Kuning telur
400 gr gula pasir
300 gr Tepung sagu tani
600 ml Santan kental matang
1 sdt Garam
1 sdt Vanilli

Cara membuatnya:
1. Aduk bahan A sampai rata, diamkan selama 15 menit.
2. Aduk rata : telur, gula, garam dan vanilli, lalu masukkan bahan A, dan tepung sagu, aduk rata sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis. Saring.
3. Istirahatkan selama 2 jam.
4. Tuang adonan kedalam cetakan oval yang telah dipoles minyak tipis-tipis. Panggang dalam oven panas yang pintunya setengah dibuka, sampai matang.


Semoga Bermanfaat

21 comments:

  1. cakeeeeeeeppp....
    seratnya itu lho bisa penuh dari bawah sampe atas. Aku bikin ini udah 5-6 kali masih belum sukses. Seratnya sedikit, cuma bawah aja. Yang atas nggak berserat.
    Di Madinah beli air kelapa dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ini "bejo" ya mbak... xixixi.... di carrefour ada mba... satunya 4 SR ( 10ribu) tapi kelapanya kueciiillll....

      Delete
  2. wuiiihhhh.... lihat jumlah telurnya...
    ini ngovennya pake oven listrik ya say???

    ReplyDelete
    Replies
    1. telor disini murah meriah mba mimi... 14SR dapet 36 biji :) , iya pake oven listrik... ^^

      Delete
  3. wuiiiiih... 16 biji telornya... bisa korting ga bu?
    sekilo telornya aja, belom yg lainnya... hmmm... minta aja dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi2 minta si teteh iihh.... silahkan teh ambil ambil... di sini telor murah teh... makanya buruan pindah sini aja... biar daku bs nyicip2 masakanmu teh...

      Delete
  4. aduhhh lately rajin benar update blog..nampak sedap nie..picnya pun cantik..buat akk zila kagummm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak... tapi banyak malasnya daripada rajinnya :) , justru pic akak yang cantik, saya banyak berguru pada kak zila... ^^

      Delete
  5. Replies
    1. tangkap ya mommy... hihihi....

      Delete
  6. kesukaan saya sejak kecil nih Mbak....kue karamel, sus, bika ambon, ...waktu kecil favorit banget dah pokoknya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama umm, sy kalo di ajak ibu ke pasar pasti nyariin bika atau kue karamel :)

      Delete
  7. Replies
    1. maturnuwun mba anna :)

      Delete
  8. selain ngiler lihat bika ambonnya...saya juga naksir sama gelas tehnya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... ayo di bikin mba neti... :) ini gelas murah meriah mba, 10 riyal (25.000 rupiah) dapet 6 pcs

      Delete
  9. slurrpph kliatannya enak ...cakep fotonya, jadi penasaran ingin ngicipin semua bikinannya hehe:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba sudah mampir, monggo di cicipi... hehehe

      Delete
  10. wallaaaaaaaa...sy pernah buat sekali tp tak menjadi...habis masuk tong! nnati nak cuba resepi yang ni pulak! hopefully bole jadi cantik mcm ana punya tu!

    ReplyDelete
  11. Walaikumsalam.......
    Abon salah satu makanan kesukaanku, salah satu yang selalu ada kalo dalam istilah sunda si besek, biasanya kalo ondangan ke yang hajatan nah suka dapat ini dalam beseknya :)
    Nice blog dari blog Kuningan :)

    ReplyDelete
  12. Anonymous10.6.13

    As part of your health food stores and also other grocery then you
    probably have seen wheat gluten playing surface juices or perhaps
    a wheat-grass juicer. The main Jack port Lalanne juicer is the best answer to acquire both at
    home and makes one single 100% tangible moisture. Then the other features allow for with many very small pulp
    blockages that a lot of generate a kind of 'grainy' liquid this can be additional
    information nutritional. However this is commonly known as gnawing.


    my page ... commercial orange juice maker

    ReplyDelete