22.4.13

Cake Tepung Beras Wortel Keju

Assalamu'alaikum....

Ini salah satu cake favorit keluarga saya... Biasanya kalo bikin di kukus, tapi kali ini di oven karena loyangnya ga bs masuk kukusan, kegedean... Sebenernya loyang kecil yang biasa saya pake di indo saya bawa ke Madinah tapi nyampe sini bentuknya udah ga karuan... Udah nyari2 yang ukurannya sama ga dapet2, susah benerrrr ....
Kenapa di bilang favorit karena semua suka, tua muda balita semua mau, beberapa kali bikin waktu pulang indo kemaren selalu laris, begitu juga disini... cakenya lembut gurih dan yang pasti sehat dan simple, biasanya wortel dan kejunya saya banyakin ga pake ukuran...
Versi abi cake ini enak di oven, tapi versi saya lebih enak di kukus... tapi pendapat kami mah ga penting, yang penting itu si abel doyan... Alhamdulillah...^^
 

resep dari mbak faizzati istnaini


Bahan: 
3 butir telur ukuran sedang
75 g tepung beras
75 g gula pasir
60 g wortel kupas, serut dengan serutan keju, sisihkan 2 sdm.
30 g keju cheddar serut
3 sdm minyak goreng
minyak atau mentega untuk olesan loyang

Cara membuat;
1. Olesi loyang dengan minyak goreng atau mentega. kemudia taburi dasar loyang dengan sedikit serutan wortel.
2. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
3. Masukkan tepung beras, aduk pelan-pelan dan searah dengan spatula besar ( karena tanpa pengembang, mengaduk harus seksama agar adonan tidak turun dan bantat)
4. Tambahkan wortel, keju, dan miyak goreng, lalu aduk lagi perlahan
5. Tuang adonan kedalam loyang.
6. Kukus dengan kukusan yang sudah penuh uap hingga kue matang (kurang lebih 20 menit) atau di panggang dalam oven.
6. Setelah dingin keluarkan dari loyang atau cetakan.

Semoga Bermanfaat

19 comments:

  1. warnanya cakeeeppp...
    rajin nih update blognya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... makasih mba rina... ^^

      Delete
  2. mauuuu bangeet klo dikasih cake yg sehat gini ...*ngarep* ;)

    ReplyDelete
  3. Ini lembut gak mbak? Saya ngiler.. Udah lama gak buat cake..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lembyuuutttt mba ayu... ayo di bikin... gampang dan enaaakkkk...

      Delete
  4. Replies
    1. bikin ndiri bund... wkwkwkwkw

      Delete
  5. waaah keliatan lezaaat mauu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh Ayu, mau minta cake nya eh uminya ga ada, kita pulang yuk....
      hiks...hiks...

      Delete
    2. beneran pada mau pulang? *bukain pintu... hahahaha

      Delete
  6. Beneran cake ini uenaaak dan semua suka..., aku pernah bikin yang dikukus, besok2 bikin yang dibake juga ah, tergiur nih liat foto cake mu mba Analysa ... :)
    eh iya kalo aku liat resepnya dari buku pak wied harry, sama seperti ini juga tapi dibikin seperti kue putu ayu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba anna betul... sepertinya memang dr buku pak wied harry mba.. enak di kukus mba anna... ehhhh tp sama2 gurih sih... ^^

      Delete
  7. Waduh...liat cake ini jadi pengen :) buat cemilan sore pake teh..yummy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba neti, di temani teh emang lebih mantab... bikin yuukkk... antigagal nih... ;)

      Delete
  8. rajinnya bu dokter bikin kue.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih ketularan rajinnya mba mimie... hehehe

      Delete
  9. Nampak mudah nie..akk bookmrk resep nie..hsruss dicoba..tq tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba kak zila... semoga suka ya... ^^

      Delete