3.12.12

kare jamur

bikin kare jamur ini karena mupeng lihat curry challenge di IDFB, tapi belom PEDE mo ikutan, coz yang ikutan para senior2... amboiiii.... jadi penonton dulu aja deh... hihihi

kerabat2 termasuk keluarga saya biasa masak kare jamur, biasanya sih jamur tiram, tp karena ga nemu dipasar (katanya belom musim) yaudah deh masak jamur seadanya... dulu ketika sy kecil, dibelakang rumah masih ada kebun luas, biasanya pas musim penghujan banyak tumbuh jamur, tapi krn skg kebunnya sudah di sulap jadi pabrik furniture semua yaaa ga bisa metik2 jamur lagi deh...

Tapi jamur ini juga uenaakkk lho, kriukkk... dulu sering makan jamur putih ini di warung makan TRUNTUM, telogosari Semarang, menunya sup ayam jamur... kemarin juga setengahnya di bikin sup ayam jamur, tapi langsung diserbu jadi ga di fotoin deh... hehehehe...

Bumbunya sih seperti kare pada umumnya cm yang bedain biasanya di kasih irisan mentimun muda, jadi suegeerrrr rek....



  • 200gram jamur
  • 2 buah pekak 
  • 2 cm kayu manis
  • 2 buah kapulaga
  • 3 batang serai, geprak
  • 4 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • asam jawa
  • 500 ml santan agak kental
  • minyak untuk menumis
Bumbu halus
  • 11 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 1/4 sdt jintan
  • 1/2 sdt ketumbar
  •  pala bubuk
  • merica bubuk
  • garam
  • gula pasir

Direction :
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu lainnya (pekak, kayumanis, kapulaga, serai, daun jeruk, daun salam, asam jawa) hingga wangi.
  • Tuang santan, masak hingga mendidih dan tampak bergerindil.
  • Masukkan jamur , masak hingga jamur empuk (yang tadinya sangat keras sampai bisa di belah pake sendok) 




semoga bermanfaat

10 comments:

  1. di tempat saia juga kalau musim hujan ada jamur kecil2 yang tumbuh di batang pohon tumbang.bentuknya kriting kecil2 gt.
    enak kalau di tumis...:)
    dan br tau kalau ada kare jamur. di rumah biasanya di tumis....
    bisa d coba ini... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mimie, kalo di warung2 biasanya di tumis atau di pepes... cobain di kare mbak, enak...

      Delete
  2. mana resepnyaa mbk hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren abel bangun mbak... jadi belom sempat ngetik... hihihi

      Delete
  3. nampak sedappp.:)
    dah lama x jumpa jamur disini..kami panggil cendawan ..biasanya jumpa yg besar2 ..pasti sedap klu dimasak begini kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak... disini juga kadang ada yang nyebutnya cendawan kak... cobain kak kalo ketemu jamur di masak kari/gulai... yummi...

      Delete
  4. jadi pingin bikin kare jamur. baru tau kalo jamur bisa dimasak kare. Jadi ngiler mbayanginnya, slruuuuppphhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mbak... ga nyesel pokoknya... hehehe

      Delete