12.2.13

Roti Sobek

Assalamu'alaikum...

Dulu saya selalu terkagum-kagum sama yang namanya roti sobek, yang kebetulan favorit bapak jadi di rumah sering beli, kenapa kagum? karena heran dalam satu roti isinya macem2 gimana ya cara bikinnya... xixixi... Tapi Alhamdulillah sekarang sy bs bikin sendiri meski bentuknya masih amburadul krn pertama kali nyoba bikin... Dan sederhana saja tidak serumit yg sy bayangkan duluuuu.... 
Terimakasih bu Fatmah Bahalwan atas resepnya, semoga jadi amal mulia.
Langsung saja resepnya dibawah ini...




resep: ibu Fatma Bahalwan (dengan sedikit modifikasi )

Bahan:
500g tepung terigu protein tinggi 
100g gula 
100g mentega (sy pake unsalted butter)
11g ragi instant
1/2sdt bread improver (sy ga pake)
4 kuning telur
300ml air es (saya cuma pakai 200ml  )
1/2 sdt garam

Filling :
keju quick melt
choco chips

Taburan :
Almond slice

cara membuat:
  • Campur semua bahan kering kecuali garam, aduk rata.
  • Masukan air dan telur, uleni sampai rata.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni sampai kalis elastis
  • Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam
  • Ambil kurang lebih 30gram adonan betuk bulat- bulat, isi dengan keju atau cokelat atau sesuai selera.
  • masukkan kedalam loyang lalu diamkan lagi selama 30 menit.
  • Olesi roti dengan susu evaporated , taburi almond kemudian panggang dalam oven dengan panas 170dercel sampai kecoklatan, sekitar 10-15 menit.
  • setelah matang, olesi dengan butter biar kinclong dan wangi.

                                             SEMOGA BERMANFAAT

14 comments:

  1. mantaaabb rotinyaaa.... :)

    ReplyDelete
  2. mba, olesan susu evaporated nya bisa diganti pake kuning telur gaa yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba, malah lebih cantik hasilnya....

      Delete
  3. mb mimie juga udah jodoh banget dgn resep ini, serasa tak ingin ke lain hati...ehehehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. agree with u mba mimie.... hehehe

      Delete
  4. cakeep bgt potonya...
    rotinya juga hadeeeh...beneran, kliatan wenaaakk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... thanks bunda.... ^^

      Delete
  5. ngerotiiii...mulu. Lagi rajin nih kayaknya.
    mau juga dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, biar ga penasaran... hehehe

      Delete
  6. Udah sehati dengan ovennya ya Mbak? hehe...pake microwave oven jg? klo udah nemu suhu yg pas biasanya jd seneng ngroti ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sudah umm... hehehe... betul umm , ini rasanya pengen nguleni adonan terus... microwave cm sy pake buat ngukus sayur, ngangetin makanan sm nggoreng kerupuk aja... kalo ngeroti takut gosong jadi pake oven konventional aja yg udah pasti...

      Delete