29.3.13

Ayam Panggang Madu

Assalamu'alaikum...

Di madinah paling gampang kalo cari ayam, mau ayam mateng di hampir tiap resto emang jualnya ayam, mau ayam mentah dihampir tiap baqolah ada yang jual, mau yg khusus paha, dada atau bagian lain ada, mau yang fillet juga ada, mau ayam utuh juga banyak... biasanya klo ayam utuh beli 1 yang gede, tp ini nyobain yang isi tiga tapi ayamnya agak kecil2... 
Ayam fresh umurnya cuma seminggu, jadi mau ga mau harus cepet habis, udah dibikin macem2 dan habis ide akhirnya seperti biasa minta bantuan mbah google, alhamdulillah nyantol di resep yang praktis dan enak...



Resep dari sajian sedap 

 Bahan:
1 ekor ayam utuh
2 sendok teh air jeruk lemon
1 sendok makan saus tomat
2 sendok makan saus tiram
3 siung bawang putih, dihaluskan
3 sendok makan madu
1 sendok makan merica hitam kasar
1 sendok teh garam
3 sendok makan margarin, dilelehkan

Cara membuat:
  1. Campur air jeruk lemon, saus tomat, saus tiram, bawang putih, madu, merica hitam, garam, dan margarin sampai rata.
  2. Lumuri ayam dengan campuran bumbu. Diamkan 1 jam dalam lemari es. Letakkan di loyang yang sudah dialas aluminium foil dan dioles margarin.
  3. Oven 50 menit dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius sambil dioles sisa bumbu sampai matang dan kecokelatan.
                                   
SEMOGA BERMANFAAT

10 comments:

  1. nyum nyum deh...
    dimakan pake nasi anget bisa abis sebakul...
    plus sambel, walaaahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.... sambelnya ga kefoto... xixixixi

      Delete
  2. aaww....jadi laper lagi nih Mbaak...abis makan malam padahal...:D
    sy belum pernah beli ayam utuh selama disini...kecil2 biasanya, dan lebih mahal harganya drpd yg boneless :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa.... tp ini patut di coba ummi... :) atau ntar aja kalo mudik nyobanya hehehehe

      Delete
  3. ayamnya seksi banget.... eheheh
    di cocol sama sambel terasi pake lalapan.... cetarrrr ulala,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaa sambel terasi emang cetaaarrr membahana baja mba, cucok apapun lauknya... thanks ya mba mimie :)

      Delete
  4. subhanallaah.... Menggoda sekali untuk segera disantap... Hahahayyy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bundo... ayo bikinnn...

      Delete
  5. kalo di malaysia ini biasa dibuat hidangan pengantin...sedapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooooo iyakah kak? kalo di jawa tiap ada kenduri ada ayam utuh seperti ini tapi di kukus kemudian di bumbui paka kecap.... :)

      Delete