21.3.13

Bingka Labu

Assalamu'alaikum....

Sebelumnya belum pernah tau yang namanya bingka... hanya lihat wara-wiri di internet saja... kalo Bika sih alhamdulillah sering ketemu di dunia nyata... Nah karena tampaknya enak dan mudah marilah kita coba bikin... eeiiiiii ternyata begini rasanya, kaya pernah makan di salah satu five star hotel di madinah, jadi hidangan untuk jamaah umroh indonesia waktu buka puasa, waktu itu ada 3 macam dessert, salah satunya mirip banget sama bingka ini, tapi ga pake wijen... bener ga waktu itu memang bingka? Wallahua'lam... waktu makan saya cm bertanya2 dalam hati, ini mirip puding tapi koq lebih padat, terbuat dari apa? gimana sih cara bikinnya? :P

Yang menyenangkan, si kecil doyan banget sm bingka ini... ya iyalah rasanya manis, dan teksturnya lembyuuttt... anak2 pasti suka... dan yang lucu , abel ga mau di suapin, dia ambil sendiri, pertama di makan dikit2... eee lama2 potongan yang gede dimasukin semua kedalam mulut jadi "molo-molo" gitu... aaiiihhhh masyaAllah seneng lihatnya....

Dari aromanya mirip banget sama aroma puding labu, perpaduan harum labu dan santan.... saran saya sih, motongnya kecil2 aja, jadi makannya bisa habis banyak, kalo motongnya gede2 bisa cepet bosen... karena emang padat dan mengenyangkan....

Resep ini sy ambil dari dapur tanpa sempadan, cuma tepung gandum saya ganti tepung terigu protein sedang dan vanilla essence saya skip... alhamdulillah menurut saya enaak.....




Yang ini modifikasi saya ya...

BAHAN :

450 gram labu manis, kukus kemudian haluskan
500 ml santan
5 biji telur
200 gram tepung terigu all purpose
180 gram gula
1/2 sdt garam
Topping :
Wijen putih
Habbatussauda' / black seed / Jintan Hitam

CARA MEMBUAT :
  1. Panaskan oven pada suhu 200C, olesi loyang dengan mentega kemudian alasi dengan aluminium foil, lebihkan sedikit supaya mudah dikeluarkan nantinya. Sisihkan.
  2. Dalam wadah, satukan semua bahan di atas kecuali labu halus dan topping, aduk rata dengan ballon whisk hingga gula hancur. Masukkan labu halus dan aduk rata.
  3. Tuang dalam loyang dan taburkan topping hingga rata. Bakar selama 45 - 50 menit hingga permukaan kelihatan kecoklatan.  Keluarkan dari oven dan biarkan sebentar, kemudian keluarkan bingka dari loyang. Dinginkan sebelum dipotong biar rapi.



SEMOGA BERMANFAAT



16 comments:

  1. wow.....enak nih ...
    belum pernah bikin bingka labu...
    kapan2 mau nyoba, ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukkkk cobain mba master mimie... enak lho... ^^

      Delete
  2. sama sy juga kyknya blm pernah nyicip spt apakah bingka itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain cm sy yg belom pernah... xixixi... patut di coba kalo gt mba...

      Delete
  3. sy jg belum pernaaah **ngacung :)
    mumpung ada stok labu kuning nih...pengen mbikiiin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo umm dibikin... InsyaAllah anak2 suka....

      Delete
  4. bikin kak zila ngences nie..h ehhee..
    klu di malaysia bingka nie mmg popular..banyak flavor jgk ..ada yg rasa yarm..tp kak zila paling suka yg ada labu..sedappp..alahaii sicomel pun suka makan kan..cute..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya kak... sy baru pertama kali ini... alhamdulillah semua suka... makasih kak zila sdh mampir.... :)

      Delete
  5. ni tipe kue yang bikinnya nggak takut bantet, hehehe...karena emang taksturnya padat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... iya mba rina... betuulll....

      Delete
  6. salam kenal analisa..gambar sangat cantik...makannaya pasti sedap! tahniah..
    keep it up!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga umm... terimakasih sudah berkunjung... Alhamdulillah bingkanya enak :)

      Delete
  7. Liat gambarnya tak kira prol tape :D *hayooo bikin prol tape hihihii, kesukaan sayah itu ^^. Warnanya kuningnya cantik mbak, aku khususnya suka taburan biji wijen kombinasi hitam putih ^^b

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuhhh ga punya tape mba tata, padahal uda pingin banget... kebetulan punya banyak black seed mba, jadi di manfaatin deh, ternyata lucu juga... thanks yaa sdh mampir... :)

      Delete
  8. Ummu Abel izin nyontek resepnya yah :)resepnya menggoda, syukron jazakillah khair

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa iyyak.... silahkan mba...

      Delete