3.4.13

Step By Step : bikin tempe yuuukkk!!!!

Assalamau'alaikum...

udah 3 bulan ga makan tempe, kuangen rek... ada yg jual sih di toko asia, tapi awet banget tempenya... kalo di kulkas tahan sampe 2minggu.. jadi khawatir rek... Ups maap koq jadi rak rek rak rek, soalnya di youtube ketemu lagunya susan sm kak ria enes...

back to tempe, hikmah merantau jadi pingin coba2 bikin, coba kalo stay di indo aja pasti ga bakalan kepikiran kan, iyalah enakan beli donk... murah dan praktis... waktu pulang indo sempat belajar bikin tempe, sekali bikin langsung buanyak, hampir 2 kilo kedelai... pas bersihin kulit ari ga mau di bantuin orang, keukeh harus dari tangan sendiri, walhasil tengah malem belum selese dan di landa ngantuk, nginep deh kedelainya semaleman, baru disambung lagi esok harinya... dan ngasih raginya terlalu sedikit kayanya... 4 hari baru sy panen.... rasanya yaahh "asem..." tapi tetep balik madinah semangat bawa kedelai meski sedikit... dan tiap mau bikin rasanya males.... akhirnya mengumpulkan puing puing semangat buat bikin lagi (masih trauma) uhuk uhuk uhuk....

Kali ini alhamdulillah berhasil dan uenaaakkkk lho... tapi kedelainya habis... kemarin tu saudara2 dr pihak suami amat sangat banyak yang umroh tapi ga kepikiran nitip kedelai, baru akhir2 ini nitip bulik, krn nitipnya mendadak malah di bawain kedelai item... Yassalaammm.... buat apa coba? masa mau bikin kecap? paling bisa buat bikin rempeyek aja... huhuhuhu....


Langsung aja ke foto2 burem berikut ini...

kedelai di rendam semalam, lalu pisahkan dengan kulit arinya

cuci bersih lalu rebus hingga setengah matang

angin2kan biar panasnya hilang

taburi ragi, takaran raginya kira2 aja asal rata.

masukkan kedalam plastik atau daun, tutup rapat lalu tusuk2 plastik dengan lidi.

simpan bakal tempe di rak terbuka, dekatkan dengan ventilasi (aliran udara)

tempe setelah 22 jam, udah ga sabar sih pingin liat....

  
tempe goreng cuma di taburi BBQ seasoning, krn udah ga sabar ngerasain asem apa ga, ternyata wenaaakkkk....
Alhamdulillaahh....
Mudahkan??? iyalah kalo susah mah mana bs sy bikin ;P

Semoga Bermanfaat

18 comments:

  1. waaa keliatan sedap mbak yu...

    *langsung ngakak baca kedele item, ya udin kalo gitu ditunggu postingan kecapnya...
    #eh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. butuh sumbangan ide ki mbak yu kudu di apaken kedele itemku ini *ciyus....

      Delete
    2. boro2 ngasih ide tau aj nggak kedelenya kyk gmn...

      Delete
    3. yailah mak... kirain udah pakar...

      Delete
  2. wah, sy udah mau mbikin tapi keduluan Mbak Lisa nih....mau mbikin disini maju mundur, krn suhunya masih naik turun, jg rsginya dikasih temen, lupa naruhnya dimana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... maapkeun ya ummi klo ndului... udah puingin makan tempe... hayo umm semangat nyari raginya...

      Delete
  3. walaaaahhh 3 bulan nggak makan tempe ?? Kayak apa tu rasanya, hihi...
    begitu dah jadi, rasa tempenya surga dunia ya, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. surga dunia akhirat mba rina, apa kebanyakan raginya yak... tapi rasanya ga pait sih mbak...

      Delete
  4. kedelai item bwt dicampurin sm beras waktu masak nasi kyknya enak lhooo....*gara2 liat k-drama nih :p*

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran madam? alid ga tuh? kedele itemnya lumayan banyak nih, kasian klo masuk tong sampah...

      Delete
  5. wis mbak, jangan repot2, kukirimin aja yah tempe cirebon sebanyak-banyaknya via bluetooth...
    hahahayyyy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah bundo bisa2 berakar donk nungguin tempenya... blutut ga bs klo sejauh ini, via imel ajalah...

      Delete
  6. mbak kirim dr dumai piye bu dokter...made in dumai....eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap tangkap mba mimie... *rolling eyes

      Delete
  7. tengkiu analisa....akan ku cuba buat tempe sendiri nanti! mmg bermanfaat semua n3 mu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiinnnn kak... silahkan dicoba, semoga berhasil kak....

      Delete
  8. Assalamu alaikum...
    salam kenal, Mba'...
    saya juga sudah 3 bulan nda' makan tempe... Padahal merantau masih di bagian indo...
    nda' ada yg jual soalnya... Jangankan tempe, si kedelai pun nda' ada... Huhuhuhuhu... Jadi kepikiran untuk bikin tempe sendiri... Tapi, kedelai sama raginya harus pesan ke kota dulu...
    ğŸ˜ž

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam mba aenun... salam kenal jg yah... hayuukkk mba bikin, ada kepuasan tersindiri loh makan tempe hasil karya sendiri... ;)

      Delete